Advance Building Maintenance
PeraWA / SMStan bangunan gedung sangat penting agar diperoleh bangunan yang layak digunakan, aman dan nyaman. Jika akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam seperti gempa, angin, banjir, dll, maka peraWA / SMStan bangunan gedung menjadi semakin penting. Kerusakan pada bangunan gedung dapat menyebabkan kecelakaan baik pada pemakai bangunan maupun orang lain atau properti disekitarnya. PeraWA / SMStan bangunan gedung ditujukan agar diperoleh bangunan yang nyaman digunakan karena saat ini kenyamanan sudah menjadi tuntutan. Selain itu peraWA / SMStan bangunan dapat memperpanjang usia bangunan yang berarti dapat mengefisienkan biaya bangunan secara menyeluruh (total life cycle).

pokok bahasan
1. Pengantar Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung
2. Komponen-Komponen Bangunan Gedung
    a. Struktur
    b. Arsitektur
    c. Tipe bangunan
    d. Fungsi bangunan
    e. Sistem
     f. Mekanikal elektrikal

3. Manajemen PeraWA / SMStan Bangunan Gedung
    a. Faktor penyebab kerusakan bangunan gedung
    b. Jenis kerusakan bangunan gedung
        - Kerusakan arsitektur
        - Kerusakan struktur
    c. Metode pemeriksaan komponen dan struktur bangunan gedung
        - Menjelaskan metode beberapa pemeriksaan kerusakan komponen serta
          elemen struktur secara destructive struktur secara destructive dan non
          destructive

4. Manajemen Pemeliharaan Instalasi Gedung
    a. Sistem Kelistrikan Arus Kuat
    b. Sistem Kelistrikan Arus Lemah
    c. Design Building Civil Structure for Maintenance
    d. Fire Fighting Sistem dan VAC

5. Manajemen House Keeping
6. Manajemen Keselamatan
    a. Keselamatan para pekerja
    b. Kesehatan para pekerja

7. Manajemen Keamanan dan Kebakaran
    a. Keamanan di area perusahaan
    b. Penanganan pemadam kebakaran

8. Sertifikasi Laik Fungsi


peserta
Peserta yang mengikuti training ini adalah para Manager dan Staff yang menangani bidang hrd dan pemeliharaan gedung yang ada disetiap perusahaan, meliputi :
1. Pemilik bangunan gedung (owners atau users)
2. Pengelola bangunan gedung, biro umum
3. PenyeWA / SMS bangunan gedung

tujuan
Tujuan training adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman manajemen peraWA / SMStan bangunan gedung. Pengetahuan building maintenance diperlukan baik ketika dilakukan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan (operation) bangunan gedung. Pengetahuan building maintenance bermanfaat agar diperoleh bangunan gedung yang aman, nyaman dan cost effective ketika digunakan

instruktur
Toriq A. GhuzdeWA / SMSn, S.T., MSCE
Sarjana Teknik Sipil dari FakultasTeknik UGM Yogyakarta dan lulusan S2 Construction Management, University of Southern California USA. Selain sebagai Dosen di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, FT UGM, Yogyakarta beliau juga mengepalai bidang diklat pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Yogyakarta dan Asosiasi Keselamatan & Kesehatan Kerja Konstruksi Daerah IstimeWA / SMS Yogyakarta. Pengalaman beliau selain sebagai trainer untuk berbagai topik training di bidang konstruksi dan buiding maintenance, beliau juga sering terlibat sebagai Tim Teknis Perencanaan dan Pelaksanaan sejumlah gedung, juga sebagai Tenaga Ahli Manajemen Konstruksi, Estimator & CM Expert serta sebagai Tim Assessment dan Project Manager Pembangunan pada banyak proyek di DIY Yogyakarta dan JaWA / SMS Tengah.