Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi
Pada suatu pelaksanaan proyek konstruksi seperti pembangunan gedung, jalan, jembatan, dll, terdapat banyak risiko bahaya, baik yang dapat menimbulkan kecelakaan terhadap pekerja, orang lain, maupun properti disekitarnya. Kecelakaan pada proyek konstruksi sering kita lihat di televisi atau media lainnya, seperti bangunan tiba-tiba runtuh, sehingga menimbulkan banyak korban, baik luka maupun meninggal dunia dan kerugian akibat bangunan yang runtuh. Oleh karena itu K3 sangat penting supaya terhindar dari kerugian tersebut. K3 perlu diketahui oleh owner, kontraktor maupun konsultan. Bahkan saat ini K3 sudah menjadi persyaratan dalam penyelenggaraan proyek. Kelalaian dapat menimbulkan konsekuensi sanksi pelanggaran terhadap undang-undang.

pokok bahasan
 1.  Pengantar K3
 2.  Peraturan K3
 3.  Proyek Konstruksi dan Bahaya Dalam Pelaksanaan Proyek
 4.  Sistem Manajemen K3 (SMK3)
 5.  Membuat Rencana K3
 6.  Pelaksanaan Pekerjaan Yang Ber-K3
 7.  PengaWA / SMSsan K3
 8.  Investigasi Kecelakaan Kerja
 9.  Alat Pelindung Diri (APD)
10. Pencegahan Kebakaran
11. Sertifikasi Ahli K3


peserta
Siapa yang harus mengikuti training ini :
1. Pengelola proyek konstruksi
    - owner
    - kontraktor
    - konsultan
2. Professional dalam bidang teknik sipil atau arsitektur
3. Umum yang berkepentingan dengan pembangunan bangunan gedung atau
    konstruksi lainnya

tujuan
Tujuan training ini adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan penyelenggaraan program K3 pada Proyek konstruksi, peserta akan mengetahui mengapa K3 diperlukan dan bagaimana melaksanakan program K3 yang baik.

instruktur
Toriq A. GhuzdeWA / SMSn, S.T., MSCE
Sarjana Teknik Sipil dari FakultasTeknik UGM Yogyakarta dan lulusan S2 Construction Management, University of Southern California USA. Selain sebagai Dosen di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, FT UGM, Yogyakarta beliau juga mengepalai bidang diklat pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Yogyakarta dan Asosiasi Keselamatan & Kesehatan Kerja Konstruksi Daerah IstimeWA / SMS Yogyakarta. Pengalaman beliau selain sebagai trainer untuk berbagai topik training di bidang konstruksi dan buiding maintenance, beliau juga sering terlibat sebagai Tim Teknis Perencanaan dan Pelaksanaan sejumlah gedung, juga sebagai Tenaga Ahli Manajemen Konstruksi, Estimator & CM Expert serta sebagai Tim Assessment dan Project Manager Pembangunan pada banyak proyek di DIY Yogyakarta dan JaWA / SMS Tengah.