Comprehensive Compensation And Benefits Program
Perusahaan tidak dapat begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyaWA / SMSnnya, harus ada ukuran dan metoda yang mampu menggambarkan prinsip penggajian yang dirasa adil, serta konsisten dalam pelaksanaannya. Struktur penggajian sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat jabatan ( manajerial, non manajerial ), kompetensi, kinerja yang dihasilkan serta regulasi yang harus diikuti disamping kemampuan perusahaan untuk melaksanakannya. Perlu adanya kebijakan dan struktur yang mampu mengakomodasikan faktor-faktor yang berpengaruh tersebut diatas. Agar penggajian cukup menarik minat calon karyaWA / SMSn dan mampu mempertahankan karyaWA / SMSn yang berprestasi, selain memperhatikan regulasi yang berlaku serta kemampuan perusahaan, perlu juga memperhatikan kompetensi, pengalaman, posisi yang dijabat oleh karyaWA / SMSn yang bersangkutan, serta kinerja yang dihasilkan oleh karyaWA / SMSn yang bersangkutan, konsep ini lebih dikenal dengan konsep 3P, yaitu Pay for People, Pay for Position dan Pay for Performance.

Bagi mereka yang mengelola bidang Sumber Daya Manusia mutlak diperlukan landasan pemahaman dan sistematika proses penyusunan penggajian serta bagaimana pula cara membenahi struktur / susunan penggajian yang masih dirasakan tidak memenuhi prinsip-prinsip penggajian (pengupahan) yang adil, sederhana, tertib dalam pengadministrasian, melindungi sumber daya perusahaan, akuntabel dll. .

pokok bahasan
1. Sistematika serta langkah-langkah menuju ke penyusunan Penggajian
2. Mengenal Analisa dan Evaluasi Jabatan
3. Job Grading sebagai piranti dalam penyusunan Struktur Penggajian
4. Pentingnya menetapkan Mid Point
5. Compa Ratio sebagai alat bantu dalam menjaga keseimbangan penggajian
6. Latihan-latihan praktis untuk lebih memahami sistematika diatas


peserta
1. Para pimpinan perusahaan, HRD Manager, para manager yang menangani masalah penggajian
2. Siapa saja yang berminat untuk menambah WA / SMSWA / SMSsan tentang teknik penggajian

tujuan
1. Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari :
    - Job Analysis,
    - Job Evaluation,
    - Job Grading
    - penyusunan struktur penggajian.
2. Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian
3. Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan
    kepada karyaWA / SMSn.
4. Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial
5. Mengetahui serta memahami non functional management yang minimal harus dikuasai dalam
    posisinya sebagai seorang manager.

instruktur
Sih Hartono, SE. MM
Adalah praktisi HRD yang sudah belasan tahun menggeluti bidang Human Resources Management dan pernah menjabat sebagai senior manager HR & GA di suatu perusahaan sWA / SMSsta nasional, dengan jumlah karyaWA / SMSn diatas limabelas ribu orang, memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 15 tahun. Beberapa Skills dan expertise beliau diantaranya : HR Management, Personell dan GA, HR Budgeting, Designing Job Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti ASTRA Training Center, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja, PT. Narumi Indonesia, PT. Toyobesq PPI, PT Lintec Indonesia, PT. Mulia Industrindo Tbk. Dll.